Sekilas tentang HARI IBU

Sekilas tentang Hari Ibu

Kamis tanggal 22 Desember 2011, hari ini merupakan peringatan hari Ibu (Mother’s Day). Peringatan Hari Ibu ini berawal dari perjuangan wanita dengan semangat kebangsaan untuk memajukan bangsa. Sehingga Hari Ibu ini merupaka salah satu peringatan untuk mengenang perjuangan wanita, baik dalam hal kebangsaan ataupun dalam keluarga.

Penobatan Hari Ibu di Indonesia yang merupakan refleksi semangat perjuangan wanita pada era sebelum merdeka, berawal dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia, 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Namun, Penetapan tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu di Indonesia diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III tahun 1938. Kemudian Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu yang diperingati hingga kini.

Hari ibu (Mother’s Day) tidak hanya terdapat di Indonesia saja, beberapa Negara di belahan dunia yang lain pun mempunyai momen tersendiri dalam peringatannya. Seperti di Eropa dan Timur tengah, Hari Ibu jatuh pada bulan maret. Kemudian di Amerika, Australia, Jepang, Kanada, Jerman dan Negara-negara lainnya, mereka memperingati hari ibu pada minggu kedua bulan Mei.

Dalam peringatannya, Hari Ibu biasanya diperingati dengan cara mengheningkan cipta bagi para pejuang perempuan yang memberikan kontribusi atas kemajuan bangsa dan Negara secara umum dengan cara melakukan berbagai kegiatan atau acara terkait hari Ibu. Selain itu, secara khusus hari Ibu juga diperingati oleh setiap orang dengan mencurahkan kasih sayang kepada Ibu kandung masing-masing, entah dengan ucapan, hadiah, do’a atau yang lainnya. Hal tersebut merupaka ungkapan kita yang menyatakan bahwa Ibu adalah sosok yang sangat berjasa bagi kehidupan setiap orang, dan Ibu juga merupakan sosok yang berjasa pula bagi bangsa dan Negara.

Sementara itu dalam Islam pun mengajarkan untuk senantiasa menghormati dan menyayangi orang tua khususnya Ibu yang lebih diutamakan. Kemudian, terdapat pula beberapa ungkapan seperti surga ada di telapak kaki Ibu, ridha-NYA Tuhan terletak pada ridhanya kedua orang tua (temasuk Ibu) dan lain-lain. Hal ini menunjukan bahwa Ibu merupakan orang yang sangat mulia dihadapan Tuhan dan di dalam kehidupan kita.

Singkatnya, dalam kesempatan ini saya selaku penulis mengajak untuk senantiasa menghormati orang tua khususnya Ibu kita sendiri, sebagaimana yang telah diajarkan pada kita sewaktu kecil. Kemudian untuk para ibu dan wanita, mari kembali kepada misi membangun bangsa dan berkarya demi kemajuan bangsa sebagaimana misi yang ada dalam peringatan Hari Ibu, Karena sejatinya bangsa yang baik juga terdapat pada wanita-wanita yang terdapat di dalamnya.

Selamat Hari IBU

I love U mom

“Salam Inspirasi!!!”

 

Posted on Desember 22, 2011, in Artikel, Karya Tulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: